Friday 27 September 2013

rpp fisika kelas xi semester 2 fluida


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMA .................
Kelas / Semester       : XI (Sebelas) / Semester 2
Mata Pelajaran           : FISIKA

Standar Kompetensi
 2.     Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah

Kompetensi Dasar
2.2   Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statick dan dinamik serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Indikator Pencapaian Kompetensi
§  Memformulasikan hukum dasar  fluida statik
§  Menerapkan hukum dasar fluida statik pada masalah fisika sehari-hari
§  Memformulasikan hukum dasar fluida dinamik.
§  Menerapkan hukum dasar fluida dinamik pada masalah fisika sehari-hari

A. Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat:
§  Memformulasikan hukum dasar  fluida statik
§  Menerapkan hukum dasar fluida statik pada masalah fisika sehari-hari
§  Memformulasikan hukum dasar fluida dinamik.
§  Menerapkan hukum dasar fluida dinamik pada masalah fisika sehari-hari
Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

B. Materi Pembelajaran
          Fluida statik dan Fluida dinamik

C. Metode Pembelajaran
   1.  Model     :   -  Direct Instruction (DI)
                                        -  Cooperative Learning
               2.  Metode    :  -   Diskusi kelompok
                                        -  Ceramah
                                        -  Eksperimen

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statick dan dinamik serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
·     Melakukan percobaan tentang tegangan permukaan, kapilaritas, dan gesekan fluida
·     Siswa dapat  Mendiskusikan penerapan kosep dan prisip fluida statis dalam pemecahan masalah

D. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA
         a. Kegiatan Pendahuluan
-         Motivasi dan Apersepsi:
     -   formulasikan hukum dasar  fluida statik?
-         Prasyarat pengetahuan:
         -   Apakah yang dimaksud hukum dasar  fluida statik?
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
-         Menerapkan konsep tekanan hidrostatis, prinsip hukum Archimedes dan hukum Pascall melalui percobaan (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Melakukan percobaan tentang tegangan permukaan, kapilaritas, dan gesekan fluida (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
-         Mendiskusikan penerapan kosep dan prisip fluida statis dalam pemecahan masalah (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Membuat alat peraga atau demonstrasi penerapan hukum Archimedes dan/atau hukum Pascall secara berkelompok (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Mendiskusikan karakteristik fluida ideal, asas kontinuitas, dan asas Bernoulli dan penerapannya secara klasikal dalam memecahkan masalah. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Membuat alat peraga (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
-         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
          c. Kegiatan Penutup
-         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);

E. Sumber Belajar
  a. Buku Fisika SMA dan MA Jl. 2b
  b. Buku referensi yang relevan
  c. Lembar kerja
  d. Alat dan bahan praktikum

F. Penilaian Hasil Belajar
        a. Teknik Penilaian:
l  Tes tertulis
l  Penugasan      
l  Tes unjuk kerja
        b. Bentuk Instrumen:
l  PG
l  Uraian
l  Proyek ilmiah
l  Uji petik kerja produk

                              ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA                                                                         Guru Mata Pelajaran


.........................                                                                       ..............................
NIP/NIK.                                                                                NIP/NIK.

No comments: