RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
SMA .................
Kelas / Semester :
XI (Sebelas) / Semester 2
Mata Pelajaran :
FISIKA
Standar Kompetensi
2. Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu
dalam menyelesaikan masalah
Kompetensi Dasar
2.2 Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statick dan
dinamik serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Indikator Pencapaian Kompetensi
§ Memformulasikan
hukum dasar fluida statik
§ Menerapkan
hukum dasar fluida statik pada masalah fisika sehari-hari
§ Memformulasikan
hukum dasar fluida dinamik.
§ Menerapkan
hukum dasar fluida dinamik pada masalah fisika sehari-hari
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta
didik dapat:
§ Memformulasikan
hukum dasar fluida statik
§ Menerapkan
hukum dasar fluida statik pada masalah fisika sehari-hari
§ Memformulasikan
hukum dasar fluida dinamik.
§ Menerapkan
hukum dasar fluida dinamik pada masalah fisika sehari-hari
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan
hasil.
B. Materi Pembelajaran
Fluida statik dan Fluida dinamik
C. Metode Pembelajaran
1. Model : - Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
2. Metode :
- Diskusi kelompok
- Ceramah
-
Eksperimen
Strategi
Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida
statick dan dinamik serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Melakukan percobaan tentang tegangan permukaan,
kapilaritas, dan gesekan fluida
|
·
Siswa dapat
Mendiskusikan penerapan kosep dan prisip fluida statis dalam pemecahan
masalah
|
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a.
Kegiatan Pendahuluan
-
Motivasi
dan Apersepsi:
- formulasikan
hukum dasar fluida statik?
-
Prasyarat
pengetahuan:
- Apakah yang dimaksud hukum dasar fluida statik?
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
-
Menerapkan
konsep tekanan hidrostatis, prinsip hukum Archimedes dan hukum Pascall melalui
percobaan (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Melakukan
percobaan tentang tegangan permukaan, kapilaritas, dan gesekan fluida (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
-
Mendiskusikan
penerapan kosep dan prisip fluida statis dalam pemecahan masalah (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Membuat
alat peraga atau demonstrasi penerapan hukum Archimedes dan/atau hukum Pascall
secara berkelompok (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Mendiskusikan
karakteristik fluida ideal, asas kontinuitas, dan asas Bernoulli dan penerapannya
secara klasikal dalam memecahkan masalah.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Membuat
alat peraga (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa:
-
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c.
Kegiatan Penutup
-
Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
E. Sumber Belajar
a. Buku Fisika SMA dan MA Jl. 2b
b. Buku referensi yang relevan
c. Lembar kerja
d. Alat dan bahan praktikum
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
l Tes tertulis
l Penugasan
l Tes unjuk kerja
b. Bentuk Instrumen:
l PG
l Uraian
l Proyek ilmiah
l Uji petik kerja produk
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA Guru
Mata Pelajaran
......................... ..............................
NIP/NIK. NIP/NIK.
No comments:
Post a Comment