Friday 2 January 2015

rpp sifat-sifat periodik unsur pert 3


RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah           : 
Mata Pelajaran          :  Kimia
Kelas / Semester        :  X / 1
Standar Kompetensi :  1.      Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan
                                                ikatan kimia
Kompetensi dasar     :  1.1.  Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr,
                                                sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat
                                                periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari
                                                keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron.

I.    Indikator Pencapaian Kompetensi: 
(1).  Menjelaskan perkembangan teori atom untuk menunjukkan                                                  kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom berdasarkan                                      fakta eksperimen
(2)   Mengklasifikasikan unsur ke dalam isotop, isobar dan isoton.
(3)     Menentukan massa atom relatif berdasarkan kelimpahan isotopnya
(4)     Menentukan massa molekul relatif.
(5)     Menentukan konfigurasi elektron dan elektron valensi.

II.  Tujuan:
     Siswa dapat,
(1)      Menyatakan pengertian atom sebagai unit pembangun materi (teori atom dalton).
(2)      Menyatakan dasar teori dari teori atom Dalton, Thomson, Rutherford, Niels Bohr dan mekanika kuantum.
(3)      Menyatakan ide pokok dalam teori atom Dalton, Thomson, Rutherford, Niels Bohr dan Mekanika kuantum.
(4)      Menyatakan kelemahan teori atom Dalton, Thomson, Rutherford, dan Niels Bohr.
(5)      Menyebutkan partikel dasar dan sifat-sifatnya.
(6)      Mengklasifikasikan atom ke dalam isotop, isobar dan isoton.
(7)      Menentukan massa atom relatif berdasarkan tabel periodik unsur.
(8)      Menentukan massa atom relatif berdasarkan kelimpahan isotopnya.
(9)      Menentukan massa molekul relatif berdasarkan data massa atom relatif.
(10)  Menentukan konfigurasi elektron unsur berdasarkan nomor atomnya.
(11)  Menentukan elektron valensi.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

III.    Materi Ajar       : 
o   Pengenalan ilmu kimia
o   Atom sebagai partikel dasar materi (Teori atom Dalton)
o   Perkembangan Teori Atom
o   Komposisi atom dan Ion (Nomor atom, Nomor Massa, Isotop, Isobar dan Isoton)
o   Massa atom relatif
o   Massa molekul relatif
o   Konfigurasi elektron dan elektron valensi

IV.    Metode pendekatan:
  • Ceramah
  • Diskusi
  • Penugasan

V.          Alokasi Waktu
  • 6 Jam Pelajaran

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron.
·        Mengkaji atom sebagai partikel dasar penyusun materi (teori atom Dalton) dalam diskusi kelompok.
·        Siswa dapat menjelaskan perkembangan teori atom untuk menunjukkan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom berdasarkan fakta eksperimen.

Pertemuan Ketiga: (3 jam pelajaran)
Kegiatan awal (5-10 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa sepintas apakah PR, apakah siswa mengerjakannya atau tidak.
Apersepsi:
      Diskusi singkat tentang partikel dasar:
      Apa yang dimaksud dengan partikel sub atom?
      Bagaimana partikel tersebut ditemukan?
      Apakah teori atom Dalton masih dapat dipertahankan?
      Bagaimana perkembangan teori atom?
Motivasi:
      Dengan mempelajari penemuan partikel dasar, kita terlatih cara berpikir ilmiah yang berazaskan hubungan sebab-akibat.
      Rasa ingin tahu merupakan sumber dari segalpengetahuan.
      Jangan takut berbuat salah (para ahli pun melakukan kesalahan, tetapi melalui            kesalahan yang merekan lakukan justru  merupakan langkah pengembangan ilmu     pengetahuan).
Kegiatan Inti.
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o   Membahas LKS 1.2 Melalui diskusi kelas.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Merangkum sifat-sifat partikel dasar. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Membahas penemuan elektron (percobaan-percobaan dengan tabung sinar katode). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Membahas kelemahan model atom Rutherford.
o   Membahas teori atom Bohr.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Membahas kelemahan teori Bohr . (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o   Menyimpulakn perbedaan antar atom unsur.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Menampilkan simulasi percobaan tets minyak Millikan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Menyimpulkan model atom Thomson.. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Menampilkan simulasi percobaan Rutherford.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Menyimpulkan teori atom Ruthherford.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Menyimpulkan teori atom mekanika kuantum (Menampilkan gambaran orbital).(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Menyimpulkan perkembangan teori atom.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o   Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mengerjakan LKS 1.3). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

No comments: