Wednesday, 25 September 2013

rpp bahasa indonesia kelas 1 SD bag 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah            : -
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : I/1
Standar Kompetensi   : Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan
  perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota
  tubuh
Kompetensi Dasar      : 2.1 Memperkenalkan diri dengan kalimat sederhana dan bahasan
        yang santun
  2.3 Mendeskripsikan fungsi anggota tubuh
Indikator                      : µ Memperkenalkan diri dengan bahasa yang santun
                                      µ Mendeskripsikan anggota tubuh
Alokasi Waktu             : . . . menit
A.  Tujuan Pembelajaran:
1.    Siswa dapat memperkenalkan diri dengan bahasa yang santun
2.    Siswa dapat terampil mendeskripsikan anggota tubuh
B.  Materi Pembelajaran:
    Syair lagu; kalimat sederhana; gambar
C.  Metode Pembelajaran:
    Ceramah; tanya jawab; penugasan, bermain peran
D.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan AWAL
v  Siswa memperhatikan cara guru memperkenalkan diri
v  Siswa (dua orang siswa) menirukan cara guru berkenalan
Kegiatan INTI
v  Secara perorangan siswa memperkenalkan diri
v  Siswa berkenalan dengan teman secara berpasangan
v  Secara bersama-sama menyanyikan lagu ”dua mata saya”
v  Secara perorangan/bersama siswa menyanyikan lagu sambil menunjuk anggota tubuh sesuai syair lagu
v  Menunjuk anggota tubuh yang diucapkan guru
v  Mendeskripsikan salah satu anggta tubuh, siswa lain menebak
Kegiatan AKHIR
v  Guru menyimpulkan materi pelajaran
E.  Sumber Pembelajaran:
v  Buku ”Bina Bahasa Indonesia 1A” h.6-9, Erlangga
v  Sumber lain yang relevan
F.  Penilaian:
v  Proses (selama PBM berlangsung)
v  Unjuk Kerja/perbuatan
v  Lisan (tanya jawab)



Mengetahui:                                       
Kepala Sekolah,                                                                                     Guru Kelas,


________________                                                                _______________

No comments: