RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Ketungau Hulu
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 2 jam
pelajaran (2 x 45`)
Pertemuan Ke : 2 dari 5
pertemuan
A. Standar Kompetensi
Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik
unsur, dan ikatan kimia
B.
Kompetensi Dasar
Memahami
struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom
relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari
keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron
C. Indikator
§ Menentukan partikel dasar (proton,
elektron dan netron)
§ Menentukan konfigurasi elektron dan
elektron valensi
§ Menentukan massa atom relatif berdasarkan
tabel periodik
§ Mengklasifikasikan unsur ke dalam isotop,
isobar dan isoton
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat :
§ Menentukan partikel dasar (proton,
elektron dan netron)
§ Menentukan konfigurasi elektron dan
elektron valensi
§ Menentukan massa atom relatif berdasarkan
tabel periodik
§ Mengklasifikasikan unsur ke dalam isotop,
isobar dan isoton
E. Materi Pokok : Struktur atom
Uraian materi:
STRUKTUR ATOM
1.
Penyusun Atom
2.
Nomor Atom,Nomor Massa,Isotop, Isoton,Isobar dan
Elektron Valensi
Keterangan
:
A
: Nomor Massa
Z
: Nomor Atom
X
: Lambang Unsur
ISOTOP
Isotop = nomor
atom (Z) sama tetapi nomor massa (A) berbeda
Contoh :
Merupakan
senyawa yang berisotop karena memiliki nomor atom (z) yang sama yaitu = 6 ,
dengan nomor massa yang berbeda yaitu 13 dan 12
ISOBAR
Isobar = Nomor
massa sama tetapi nomor atom beda.
Contoh :
Merupakan senyawa yang berisobar
karena memiliki nomor massa (A) yang sama yaitu = 14 , dengan nomor atom yang
berbeda yaitu 6 dan 7
ISOTON
Isoton =
jumlah neutron sama
Contoh :
Merupakan
senyawa yang berisoton karena memiliki neutron (n) yang sama yaitu = 12
F.
Strategi, Model,
Pendekatan, dan Metode
a.
Metode : Diskusi
informasi
b.
Pendekatan : Kontruktivisme
G.
Media
- Tabel Perodik Unsur , Papan tulis
H. Skenario
Pembelajaran
§
Kegiatan
Awal
-
Guru
memberi salam
-
Guru
mengabsensi siswa
-
Guru
memberikan apersepsi
-
Guru
menyampaikan tujuan materi pelajaran
§
Kegiatan
Inti
-
Mengkaji
tabel periodik unsur untuk menentukan partikel dasar, konfigurasi elektron,
massa atom relatif.
-
Mengidentifikasi
unsur ke dalam isotop, isobar dan isoton melalui kerja kelompok.
c.
Kegiatan
Penutup
-
Guru
bersama siswa menyimpulkan hasil kegiatan belajar
-
Guru
memberikan tes tertulis
-
Guru
memberikan PR dari buku LKS
-
Guru
menutup pembelajaran
I. Referensi:
Sri Juari Santosa dkk. 2006. Kimia
Kelas X Semester 1 untuk SMA dan MA. Klaten : Intan Pariwara
Ari Harnanto. 2009. Kimia Untuk SMA Kelas X. Pusat Perbukuan Depdiknas. BSE. Depdiknas.go.id
Sunardi.2006. Bank Soal Kimia Untuk SMA. Bandung . M2S
Indra N dan Isnardiyanti. 2010. Buku
Ajar kimia untuk SMA/MA kelas X semester I. Solo : CV. Sindunata
J. Penilaian :
1.
Teknik penilaian:
- Tes tertulis
2. Bentuk
instrumen:
-
Tes isian
3. Contoh instrumen:
a. Tes isian
- Tentukan
elektron valensi unsur-unsur berikut :
Natrium Flour
Nitrogen Magnesium
Argon Oksigen
- Tentukan
jumlah proton,elektron dan neutron untuk unsur unsur berikut :
17Cl35, 10Ne20, 11Na23, 19K39
b. kunci
Jawaban
1.
Na = 1 , N 5, Ag
= 8, F = 7, Mg = 2, O = 6
2.
Cl (p =17,e
=17, n =16), Ne (p =10,e =10, n =10), K (p =19,e =19, n =20),
K. Tindak Lanjut
Tuntas : ulangan harian
Tidak tuntas : pelatihan
Mengetahui, Senaning,
Juni 2010
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Adrianus Mayor,S.Pd Sabar
Darono Hadi Pranowo, S.Pd
NIP. 196612151998071001 NIP.
198603052010011012
No comments:
Post a Comment