RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA
Negeri 1 Ketungau Hulu
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 2 jam
pelajaran (2 x 45`)
Pertemuan Ke : 1 dari
5 pertemuan
A. Standar Kompetensi
Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik
unsur, dan ikatan kimia
B.
Kompetensi Dasar
Memahami
struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom
relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari
keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron
C. Indikator
§
Menjelaskan
perkembangan teori atom untuk menunjukan kelemahan masing masing teori atom
berdasarkan percobaan
D.
Tujuan
Pembelajaran
a. Menggali informasi tentang perkembangan
teori & model atom
b. Membandingkan model atom
dalton,Thomson,rutherford,bohr
c. Menunjukan kelebihan dan kekurangan masing
masing model atom
E. Materi
Pokok : perkembangan model atom
Uraian materi :
NO
|
MODEL ATOM
|
URAIAN
|
KELEBIHAN
|
KELEMAHAN
|
|||
1
|
Dalton
|
- Atom
: bagian terkecil dr materi yang tidak dapat di bagi lagi
- Reaksi
kimia ad/pemisahan,penggabungan dari atom2
- Model
atom seperti bola pejal
|
-
Dapat menjelaskan bahwa materi terdiri dari atom-atom
|
-
Tidak dapat menjelaskan sifat kelistrikan materi
-
Tidak dapat menjelaskan gaya gabung unsure-unsur
|
|||
2.
|
Thomson
|
- Atom
bersifat netral
- Atom
: bola pejal yang bermuatan positif dan tersebar electron (-)
- Model
roti kismis
|
-
Sudah dapat
menjelaskan sifat kelistrikan atom
|
-
Tidak dapat menjelaskan adanya inti atom
|
|||
3
|
Rutherford
|
- Atom
: inti atom (+) dan electron (-)
- Atom
bersifat netral
- Model atom tata
surya
|
-
Jari-jari atom sudah dapat ditentukan
|
-
Tidak dapat menjelaskan mengapa electron
yangmengelilingi inti tidak jatuh ke Inti
|
|||
4
|
Niels Bhor
|
- Atom
: inti(+), lektron (-) mengelilingi dalam lintasan
- Pergerakan
electron secara stasioner
- Electron
dapat pindah dari lintasan 1 ke lintasan lain, jika berpindah kelintasan yang
lebih tinggi akan menyerap energy dan sebaliknya
- Model
atom
|
-
Dapat menjelaskan keseimbangan energy pada atom
-
Dapat menjelaskan atom hidrogen
|
-
Tidak dapat menjelaskan atom hidrogen
|
|||
5
|
Mekanika
Kuantum
(moderrn)
|
- Atom
: Inti {proton (+) dan neutron
(netral)}, kulit {electron (-)}.
- Orbital
merupakan ruang tempat peluang electron ditemukan
- Kedudukan
elektron dalam orbital ditentukan dengan bilangan kuantum
- Model atom
|
-
Dapat menentukan kedudukan electron dalam suatu atom
|
-
Belum ditemukan kelemahannya hingga saat ini
|
F. Media
- Tabel Perodik Unsur , Papan tulis
G. Strategi, Model, Pendekatan, dan Metode
- Metode : Cooperative learning,jigsaw
- Pendekatan : Ketrampilan Proses
H. Skenario
Pembelajaran
§
Kegiatan
Awal
-
Guru memberi
salam
-
Guru
mengabsensi siswa
-
Guru
memberikan apersepsi
-
Guru
menyampaikan tujuan materi pelajaran
d.
Kegiatan
Inti
-
Siswa
dikelompokan menjadi 5 kelompok dengan sistem tamu
-
Tiap
kelompok membahas masing-masing teori atom
-
Tiap
kelompok mengemukakan hasil pembahasan
e.
Kegiatan
Penutup
-
Guru
bersama siswa menyimpulkan hasil kegiatan belajar
-
Siswa
menjawab pertanyaaan
-
Guru
menutup pembelajaran
I. Referensi:
a. Ari Harnanto. 2009. Kimia Untuk SMA Kelas X. Pusat Perbukuan Depdiknas. BSE. Depdiknas.go.id
b. Sunardi.2006. Bank Soal Kimia Untuk SMA. Bandung . M2S
Indra N dan Isnardiyanti. 2010. Buku
Ajar kimia untuk SMA/MA kelas X semester I. Solo : CV. Sindunata
J.
Penilaian
1.
Teknik penilaian:
- Tes tertulis
2. Bentuk
instrumen:
- Tes
isian
3. Contoh instrumen:
a. Tes isian
1. Jelaskan perkembangan teori atom
2. Sebutkan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom!
K.
Tindak
Lanjut
Tuntas : ulangan harian
Tidak
tuntas : pelatihan
Mengetahui,
Senaning, Juni
2010
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Adrianus Mayor,S.Pd Sabar
Darono Hadi Pranowo, S.Pd
NIP.196612151998071001 NIP. 198603052010011012
No comments:
Post a Comment