RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : X / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik
unsur, dan
ikatan
kimia
Kompetensi dasar : 1.1. Memahami
struktur atom berdasarkan teori atom Bohr,
sifat-sifat
unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat
periodik
unsur dalam tabel periodik serta menyadari
keteraturannya,
melalui pemahaman konfigurasi elektron.
I. Indikator Pencapaian Kompetensi:
(1). Menjelaskan perkembangan teori atom untuk
menunjukkan kelemahan
dan kelebihan masing-masing teori atom berdasarkan fakta eksperimen
(2) Mengklasifikasikan unsur ke dalam isotop, isobar dan isoton.
(3) Menentukan massa atom relatif berdasarkan
kelimpahan isotopnya
(4) Menentukan
massa molekul relatif.
(5) Menentukan konfigurasi elektron dan
elektron valensi.
II. Tujuan:
Siswa dapat,
(1) Menyatakan pengertian atom sebagai unit pembangun
materi (teori atom dalton).
(2) Menyatakan dasar teori dari teori atom Dalton,
Thomson, Rutherford, Niels Bohr dan mekanika kuantum.
(3) Menyatakan ide pokok dalam teori atom Dalton,
Thomson, Rutherford, Niels Bohr dan Mekanika kuantum.
(4) Menyatakan kelemahan teori atom Dalton, Thomson,
Rutherford, dan Niels Bohr.
(5) Menyebutkan partikel dasar dan sifat-sifatnya.
(6) Mengklasifikasikan atom ke dalam isotop, isobar
dan isoton.
(7) Menentukan massa atom relatif berdasarkan tabel
periodik unsur.
(8) Menentukan massa atom relatif berdasarkan
kelimpahan isotopnya.
(9) Menentukan massa molekul relatif berdasarkan data
massa atom relatif.
(10) Menentukan konfigurasi elektron unsur berdasarkan
nomor atomnya.
(11) Menentukan elektron valensi.
Karakter siswa yang
diharapkan :
§ Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan
Kewirausahaan / Ekonomi
Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
III. Materi
Ajar :
o
Pengenalan
ilmu kimia
o
Atom sebagai
partikel dasar materi (Teori atom Dalton)
o
Perkembangan
Teori Atom
o
Komposisi
atom dan Ion (Nomor atom, Nomor Massa, Isotop, Isobar dan Isoton)
o
Massa atom
relatif
o
Massa molekul
relatif
o
Konfigurasi
elektron dan elektron valensi
IV. Metode
pendekatan:
- Ceramah
- Diskusi
- Penugasan
V.
Alokasi Waktu
- 6 Jam Pelajaran
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom
relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari
keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron.
|
·
Mengkaji
atom sebagai partikel dasar penyusun materi (teori atom Dalton) dalam diskusi
kelompok.
|
·
Siswa
dapat menjelaskan perkembangan teori atom untuk menunjukkan kelemahan dan
kelebihan masing-masing teori atom berdasarkan fakta eksperimen.
|
VI.
Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (1 jam pelajaran)
Kegiatan awal
o
Salam pembuka
o
Perkenalan
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
o
Pengenalan
Kimia. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
o
Diskusi.(nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin
tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum
diketahui (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin
tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
o Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir
o
Menyimpulkan
pokok kajian dalam ilmu kimia(nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o
Menyimpulkan
manfaat belajar mimia (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
o
Memberi tugas
untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 1.1) (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli
lingkungan.);
No comments:
Post a Comment