Monday 29 December 2014

contoh rpp matematika SMA Kurikulum 2013

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP)




Satuan Pendidikan :    SMA/MA
Mata Pelajaran       :    Matematika
Kelas / Semester      :    X /1
Materi Pokok          :    Persamaan dan Pertidaksamaan Linear dengan Nilai Mutlak
Sub Materi Pokok   :    A. Penerapan Persamaan Linear dengan Nilai Mutlak
                                      B. Model Persamaan Linear dengan Nilai Mutlak
Alokasi Waktu        : 2 x 45  Menit

A.      Kompetensi Inti
1.         Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.         Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.         Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.         Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.       Tujuan Pembelajaran
1.         Menghayati dan merasakan kebesaran Tuhan melalui materi persamaan linear dengan nilai mutlak.
2.         Mengamalkan kemampuan bekerja sama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan toleransi dalam perbedaan strategi untuk menyelesaikan masalah persamaan linear dengan nilai mutlak.
3.         Menjalankan perilaku tangguh mengadapi masalah, serta kritis bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur, dan disiplin dalam mengerjakan tugas terkait materi persamaan linear dengan nilai mutlak.
4.         Memahami dan menganalisis konsep nilai mutlak dalam persamaan linear.
5.         Menyajikan konsep nilai mutlak pada persamaan linear untuk memecahkan masalah nyata.
6.         Menyajikan model matematika berupa persamaan linear dua variabel yang melibatkan nilai mutlak dari situasi nyata dan matematika, serta menentukan jawaban dan menganalisis model sekaligus jawabannya.
C.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

3.1 Peserta didik menerapkan sikap tangguh bertanggung jawab, rasa ingin tahu, dan jujur dalam mempelajari materi persamaan linear dengan nilai mutlak.
3.2 Peserta didik menerapkan perilaku jujur, kritis, dan disiplin dalam mengerjakan tugas-tugas terkait materi persamaan linear dengan nilai mutlak.
3.2 Mendeskripsikan dan menganalisis konsep nilai mutlak dalam persamaan dan pertidaksamaan serta menerapkannya dalam pemecahan masalah nyata.
4.1 Peserta didik memahami pengertian persamaan linear dan pengertian nilai mutlak.
4.2 Peserta didik menerapkan sifat-sifat nilai mutlak pada operasi matematika.
4.3 Peserta didik menganalisis persamaan dengan nilai mutlak.
4.2 Menerapkan konsep nilai mutlak dalam persamaan dan pertidaksamaan linear dalam memecahkan masalah nyata.
4.3 Membuat model matematika berupa persamaan dan pertidaksamaan linear dua variabel yang melibatkan nilai mutlak dari situasi nyata dan matematika, serta menentukan jawab dan menganalisis model sekaligus jawabnya.
5.1 Peserta didik mencoba menyelesaikan masalah-masalah terkait persamaan linear dengan nilai mutlak.
5.2 Peserta didik mencoba menyelesaikan tugas-tugas terkait sifat-sifat nilai mutlak.
6.1 Peserta didik menyajikan penyelesaian model persamaan linear dengan nilai mutlak.
6.2 Peserta didik mencoba menentukan jawaban dan menganalisis model sekaligus jawabannya.
D.      Materi
1.         Penerapan Persamaan Linear dengan Nilai Mutlak
2.         Model Persamaan Linear dengan Nilai Mutlak
E.       Metode Pembelajaran
1.         Pendekatan   : Pendekatan ilmiah (scientific approach).
2.         Metode         : Diskusi, pemecahan masalah, dan tanya jawab.
F.       Media dan Sumber Belajar
       Media Pembelajaran:
Papan Tulis dan Spidol
       Sumber Pembelajaran:
1.    Lingkungan sekitar
2.    Referensi lain: Buku Ajar Matematika X wajib
G.      Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
·           Guru mengucapkan salam dan menanyakan kabar kepada peserta didik.
·           Peserta didik menjawab salam dari guru secara bersama-sama.
·           Guru mengajak peserta didik untuk melakukan doa bersama.
·           Salah seorang peserta didik memimpin berdoa bersama.
·           Guru dan peserta didik berdoa sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing.
·           Guru memberikan motivasi, mengondisikan peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
·           Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
Kegiatan Inti (70 menit)
Mengamati
·           Peserta didik membaca materi persamaan linear dengan nilai mutlak.
·           Peserta didik mencermati penjelasan tentang persamaan linear dengan nilai mutlak yang disampaikan guru.
·           Peserta didik mencatat materi yang belum dipahami dari penjelasan yang disampaikan guru.
Menanya
·           Peserta didik menanyakan materi tentang persamaan linear dengan nilai mutlak yang belum dipahaminya kepada guru.
·           Guru menanyakan materi tentang persamaan linear dengan nilai mutlak kepada peserta didik secara acak.

Mengeksplorasi
·           Secara berkelompok, peserta didik mencari informasi tentang  persamaan linear dengan nilai mutlak dari sumber lainnya (melalui internet).
Mengasosiasikan
·           Peserta didik secara berkelompok menyusun laporan hasil kerja kelompoknya.
·           Peserta didik dapat menemukan manfaat mempelajari persamaan linear dengan nilai mutlak dalam kehidupan.

Mengomunikasikan            
·           Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok.
·           Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan.
·           Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik.
Penutup (10 menit)   
·           Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan bersama tentang persamaan linear dengan nilai mutlak.
·           Guru memberikan tugas rumah kepada peserta didik tentang persamaan linear dengan nilai mutlak.
·           Peserta didik mengerjakan uji kognitif, uji kompetensi, dan pelatihan di akhir kegiatan pembelajaran.
·           Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
·           Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama peserta didik sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.  

H.      Penilaian
No.
Kompetensi
Teknik
Instrumen
Keterangan
1.
KI 1 dan KI 2
Observasi

·            Lembar observasi
Terlampir
2.
KI 3
Tes tertulis
·            Uraian
·            Tugas (mandiri atau kelompok)
Terlampir
3.
KI 4
Proyek
·            Lembar laporan tugas praktik
·            Lembar laporan tugas proyek
Terlampir


Guru Mata Pelajaran



............................................, S. Pd
NIP. ..........................................

No comments: