Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran(RPP)
|
Satuan
Pendidikan : SMA/MA
Kelas
/ Semester : X /1
Materi Pokok : Persamaan dan Pertidaksamaan Linear
dengan Nilai Mutlak
Sub
Materi Pokok : A. Penerapan Persamaan Linear dengan Nilai
Mutlak
B. Model
Persamaan Linear dengan Nilai Mutlak
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
|
A. Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Menghayati dan merasakan
kebesaran Tuhan melalui materi persamaan linear dengan nilai mutlak.
2.
Mengamalkan kemampuan bekerja
sama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan toleransi dalam
perbedaan strategi untuk menyelesaikan masalah persamaan linear dengan nilai
mutlak.
3.
Menjalankan perilaku tangguh
mengadapi masalah, serta kritis bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur, dan
disiplin dalam mengerjakan tugas terkait materi persamaan linear dengan nilai
mutlak.
4.
Memahami dan menganalisis konsep
nilai mutlak dalam persamaan linear.
5.
Menyajikan konsep nilai mutlak
pada persamaan linear untuk memecahkan masalah nyata.
6.
Menyajikan model matematika
berupa persamaan linear dua variabel yang melibatkan nilai mutlak dari situasi
nyata dan matematika, serta menentukan jawaban dan menganalisis model sekaligus
jawabannya.
C.
Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
|
3.1
Peserta didik menerapkan sikap tangguh bertanggung jawab, rasa ingin tahu,
dan jujur dalam mempelajari materi persamaan
linear dengan nilai mutlak.
3.2 Peserta
didik menerapkan perilaku jujur, kritis,
dan disiplin dalam mengerjakan tugas-tugas terkait materi persamaan linear
dengan nilai mutlak.
|
3.2
Mendeskripsikan dan menganalisis konsep nilai mutlak dalam persamaan dan pertidaksamaan
serta menerapkannya dalam pemecahan masalah nyata.
|
4.1
Peserta didik memahami pengertian persamaan linear dan pengertian nilai
mutlak.
4.2
Peserta didik menerapkan sifat-sifat nilai mutlak pada operasi matematika.
4.3
Peserta didik menganalisis persamaan dengan nilai mutlak.
|
4.2
Menerapkan konsep nilai mutlak dalam persamaan dan pertidaksamaan linear dalam
memecahkan masalah nyata.
4.3
Membuat model matematika berupa persamaan dan pertidaksamaan linear dua variabel
yang melibatkan nilai mutlak dari situasi nyata dan matematika, serta menentukan
jawab dan menganalisis model sekaligus jawabnya.
|
5.1
Peserta didik mencoba menyelesaikan masalah-masalah terkait persamaan linear
dengan nilai mutlak.
5.2
Peserta didik mencoba menyelesaikan tugas-tugas terkait sifat-sifat nilai
mutlak.
6.1
Peserta didik menyajikan penyelesaian model persamaan linear dengan nilai
mutlak.
6.2
Peserta didik mencoba menentukan jawaban dan menganalisis model sekaligus
jawabannya.
|
D. Materi
1.
Penerapan
Persamaan Linear dengan Nilai Mutlak
2.
Model
Persamaan Linear dengan Nilai Mutlak
E.
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan : Pendekatan ilmiah (scientific approach).
2.
Metode : Diskusi, pemecahan masalah,
dan tanya jawab.
F.
Media dan Sumber Belajar
Media Pembelajaran:
Papan Tulis dan
Spidol
Sumber
Pembelajaran:
1. Lingkungan
sekitar
2. Referensi
lain:
Buku Ajar Matematika X wajib
G. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
(10 menit)
·
Guru mengucapkan salam dan menanyakan kabar kepada peserta didik.
·
Peserta didik
menjawab salam dari guru secara bersama-sama.
·
Guru mengajak
peserta didik untuk melakukan doa bersama.
·
Salah seorang peserta didik memimpin berdoa bersama.
·
Guru dan
peserta didik berdoa sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing.
·
Guru memberikan motivasi, mengondisikan peserta
didik untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
·
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau
kompetensi dasar yang akan dicapai.
|
Kegiatan Inti
(70 menit)
Mengamati
·
Peserta didik membaca materi persamaan linear
dengan nilai mutlak.
·
Peserta didik mencermati penjelasan tentang
persamaan linear dengan nilai mutlak yang disampaikan guru.
·
Peserta didik mencatat materi yang belum dipahami
dari penjelasan yang disampaikan guru.
Menanya
·
Peserta didik menanyakan materi tentang persamaan
linear dengan nilai mutlak yang belum dipahaminya kepada guru.
·
Guru menanyakan materi tentang persamaan linear
dengan nilai mutlak kepada peserta didik secara acak.
Mengeksplorasi
·
Secara
berkelompok, peserta
didik mencari informasi tentang persamaan linear dengan nilai mutlak dari sumber
lainnya (melalui internet).
Mengasosiasikan
·
Peserta didik secara berkelompok menyusun laporan
hasil kerja kelompoknya.
·
Peserta didik
dapat menemukan manfaat mempelajari persamaan linear dengan nilai mutlak
dalam kehidupan.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok.
·
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja
kelompok di depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain memberikan
tanggapan.
·
Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta
didik.
|
Penutup (10 menit)
·
Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan
bersama tentang persamaan linear dengan nilai mutlak.
·
Guru memberikan tugas rumah kepada peserta didik
tentang persamaan linear dengan nilai mutlak.
·
Peserta didik mengerjakan uji kognitif,
uji kompetensi, dan pelatihan di akhir
kegiatan pembelajaran.
·
Guru menginformasikan rencana kegiatan
pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
·
Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa
bersama peserta didik sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
|
H.
Penilaian
No.
|
Kompetensi
|
Teknik
|
Instrumen
|
Keterangan
|
1.
|
KI 1 dan KI 2
|
Observasi
|
·
Lembar observasi
|
Terlampir
|
2.
|
KI 3
|
Tes tertulis
|
·
Uraian
·
Tugas (mandiri atau kelompok)
|
Terlampir
|
3.
|
KI 4
|
Proyek
|
·
Lembar laporan tugas praktik
·
Lembar laporan tugas proyek
|
Terlampir
|
Guru Mata Pelajaran
............................................,
S. Pd
NIP. ..........................................
No comments:
Post a Comment