Wednesday 31 December 2014

rpp Operasi Matriks dan Sifat-Sifatnya

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP)


(RPP) Berkarakter


Satuan Pendidikan          :     SMA/MA
Mata Pelajaran               :     Matematika
Kelas / Semester              :     XI /1
Materi Pokok                   :     Operasi Matriks dan Sifat-Sifatnya

Sub Materi Pokok           :     B. Operasi Matriks dan Sifat-sifatnya

Alokasi Waktu                  :     2  x 45  Menit

 
A.    Komptensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.    Tujuan Pembelajaran
1.       Menghayati dan merasakan kebesaran Tuhan melalui materi operasi hitung pada matriks.
2.       Mengamalkan kemampuan sikap bekerja sama, konsisten, disiplin, rasa percaya diri, dan toleransi dalam perbedaan strategi untuk menyelesaikan masalah operasi hitung pada matriks.
3.       Menjalankan perilaku tangguh mengadapi masalah, serta kritis bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur, dan disiplin dalam mengerjakan tugas operasi hitung pada matriks.
4.       Menerapkan konsep dasar operasi hitung pada matriks beserta sifat-sifatnya.
C.    Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4 Mendeskripsikan dan menganalisis konsep dasar operasi matriks dan sifat-sifat operasi matriks serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
3.1 Peserta didik menerapkan sikap tangguh bertanggung jawab, rasa ingin tahu, dan jujur dalam mempelajari materi operasi hitung pada matriks.
3.2 Peserta didik menerapkan perilaku jujur, kritis, dan disiplin dalam mengerjakan tugas-tugas terkait materi operasi hitung pada matriks.
4.1 Peserta didik menerapkan konsep penjumlahan dan pengurangan matriks pada operasi hitung matriks.
4.2 Peserta didik menerapkan konsep perkalian dan sifat-sifat perkalian matriks pada operasi hitung matriks.

D.    Materi
1.       Definisi dan Transpose Matriks
2.       Operasi Matriks dan Sifat-sifatnya
E.    Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan              : pendekatan ilmiah (scientific approach).
2.       Metode                     : ceramah dan tanya jawab.

F.    Media dan Sumber Belajar
      Media Pembelajaran:
Media Presentasi (Power Point)
      Sumber Pembelajaran
1.               Lingkungan sekitar
2.               Referensi lain:
a.       Spiegel, Murray. R. 1995. Seri Buku Schaum: Matematika Dasar. Jakarta: Erlangga.
b.       Saputro, Tirto. 1992. Pengantar Dasar Matematika. Jakarta: Erlangga.
G.   Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Kedua dan ketiga
Pendahuluan (15 menit)
·           Guru mengucapkan salam dan menanyakan kabar kepada peserta didik.
·           Peserta didik menjawab salam dari guru secara bersama-sama.
·           Guru mengajak peserta didik untuk melakukan doa bersama.
·           Salah seorang peserta didik memimpin berdoa bersama.
·           Guru dan peserta didik berdoa sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing.
·           Guru memberikan motivasi, mengondisikan peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
·           Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
Kegiatan Inti (60 menit)
Mengamati
·         Peserta didik membaca materi operasi dan sifat-sifat matriks.
·         Peserta didik mencermati penjelasan operasi dan sifat-sifat matriks yang disampaikan guru.
·         Peserta didik mencatat materi yang belum dipahami dari penjelasan yang disampaikan guru.
Menanya
·         Peserta didik menanyakan materi tentang operasi dan sifat-sifat matriks yang belum dipahaminya kepada guru.
·         Guru menanyakan materi tentang operasi dan sifat-sifat matriks kepada peserta didik secara acak.
Mengeksplorasi
·         Peserta didik mencari informasi tentang  operasi dan sifat-sifat matriks dari sumber lainnya (melalui internet dan buku-buku yang relevan).
Mengasosiasikan
·       Peserta didik dapat menemukan manfaat mempelajari operasi dan sifat-sifat matriks dalam kehidupan.
Mengomunikasikan                       
·         Peserta didik mampu menggunakan operasi matriks dan sifat-sifat matriks untuk menyelesaikan masalah sehari-hari
·         Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik.
Penutup (15 menit)            
·         Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan bersama tentang cara operasi dan sifat-sifat matriks.
·         Guru memberikan tugas rumah kepada peserta didik tentang operasi dan sifat-sifat matriks.
·         Peserta didik mengerjakan uji kognitif dan uji kompetensi di akhir kegiatan pembelajaran.
·         Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
·         Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama peserta didik sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.  

H.   Penilaian

No.
Kompetensi
Teknik
Instrumen
Keterangan
1.
KI 1 dan
KI 2
Observasi

·            Lembar observasi
Terlampir
2.
KI 3
Tes tertulis
·            Pilihan ganda
·            Uraian
·            Tugas (mandiri atau kelompok)
Terlampir
3.
KI 4
Proyek
·            Lembar laporan tugas praktik
·            Lembar laporan tugas proyek
Terlampir

No comments: