Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP)
(RPP) Berkarakter
|
Satuan Pendidikan : SMA/MA
Kelas / Semester : XI /1
Materi Pokok : Operasi Matriks dan Sifat-Sifatnya
Sub Materi Pokok : B. Operasi Matriks dan Sifat-sifatnya
Alokasi Waktu : 2 x 45
Menit
|
A. Komptensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode
sesuai kaidah keilmuan.
B.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Menghayati dan merasakan kebesaran Tuhan
melalui materi operasi hitung pada matriks.
2.
Mengamalkan kemampuan sikap bekerja sama,
konsisten, disiplin, rasa percaya diri, dan toleransi dalam perbedaan strategi
untuk menyelesaikan masalah operasi hitung pada matriks.
3.
Menjalankan perilaku tangguh mengadapi
masalah, serta kritis bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur, dan disiplin
dalam mengerjakan tugas operasi hitung pada matriks.
4.
Menerapkan konsep dasar operasi hitung
pada matriks beserta sifat-sifatnya.
C.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
3.4 Mendeskripsikan
dan menganalisis konsep dasar operasi matriks dan sifat-sifat operasi matriks serta menerapkannya
dalam pemecahan masalah.
|
3.1 Peserta didik menerapkan sikap tangguh
bertanggung jawab, rasa ingin tahu, dan jujur dalam mempelajari materi
operasi hitung pada matriks.
3.2 Peserta didik menerapkan perilaku jujur, kritis,
dan disiplin dalam mengerjakan tugas-tugas terkait materi operasi hitung pada
matriks.
4.1 Peserta didik menerapkan konsep penjumlahan dan
pengurangan matriks pada operasi hitung matriks.
4.2 Peserta didik menerapkan konsep perkalian dan
sifat-sifat perkalian matriks pada operasi hitung matriks.
|
D. Materi
1.
Definisi dan Transpose Matriks
2. Operasi Matriks dan
Sifat-sifatnya
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : pendekatan ilmiah (scientific
approach).
2. Metode : ceramah dan tanya jawab.
F.
Media
dan Sumber Belajar
Media Pembelajaran:
Media Presentasi (Power Point)
Sumber
Pembelajaran
1. Lingkungan sekitar
2. Referensi lain:
a.
Spiegel,
Murray. R. 1995. Seri Buku Schaum: Matematika Dasar. Jakarta: Erlangga.
b.
Saputro,
Tirto. 1992. Pengantar Dasar Matematika. Jakarta: Erlangga.
G. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan Kedua dan ketiga
Pendahuluan (15 menit)
·
Guru mengucapkan salam dan menanyakan
kabar kepada peserta didik.
·
Peserta didik menjawab salam dari guru
secara bersama-sama.
·
Guru mengajak peserta didik untuk melakukan
doa bersama.
·
Salah seorang peserta didik memimpin berdoa bersama.
·
Guru dan peserta didik berdoa sesuai
agama dan kepercayaannya masing-masing.
·
Guru memberikan motivasi, mengondisikan peserta didik untuk
mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
·
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang
akan dicapai.
|
Kegiatan Inti
(60 menit)
Mengamati
·
Peserta didik membaca materi operasi dan sifat-sifat matriks.
·
Peserta didik mencermati penjelasan operasi dan sifat-sifat matriks yang
disampaikan guru.
·
Peserta didik mencatat materi yang belum dipahami
dari penjelasan yang disampaikan guru.
Menanya
·
Peserta didik menanyakan materi tentang operasi dan sifat-sifat matriks yang
belum dipahaminya kepada guru.
·
Guru menanyakan materi tentang operasi dan sifat-sifat matriks
kepada peserta didik secara acak.
Mengeksplorasi
·
Peserta didik mencari informasi tentang operasi dan sifat-sifat matriks dari sumber lainnya (melalui internet dan buku-buku yang relevan).
Mengasosiasikan
·
Peserta didik dapat menemukan manfaat
mempelajari operasi dan sifat-sifat
matriks dalam kehidupan.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik mampu menggunakan operasi matriks dan sifat-sifat
matriks untuk menyelesaikan masalah sehari-hari
·
Guru memberikan penegasan terhadap hasil
pembelajaran peserta didik.
|
Penutup (15 menit)
·
Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan
bersama tentang cara operasi dan
sifat-sifat matriks.
·
Guru memberikan tugas rumah kepada peserta didik
tentang operasi dan sifat-sifat
matriks.
·
Peserta didik mengerjakan uji kognitif dan uji
kompetensi di akhir kegiatan pembelajaran.
·
Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran
untuk pertemuan berikutnya.
·
Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa
bersama peserta didik sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
|
H.
Penilaian
No.
|
Kompetensi
|
Teknik
|
Instrumen
|
Keterangan
|
1.
|
KI 1 dan
KI 2
|
Observasi
|
·
Lembar observasi
|
Terlampir
|
2.
|
KI 3
|
Tes tertulis
|
·
Pilihan ganda
·
Uraian
·
Tugas (mandiri atau kelompok)
|
Terlampir
|
3.
|
KI 4
|
Proyek
|
·
Lembar laporan tugas praktik
·
Lembar laporan tugas proyek
|
Terlampir
|
No comments:
Post a Comment