RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Sejarah
Kelas/Semester :
X/1
Peminatan :
Ilmu Ilmu Sosial
Materi Pokok :
Penelitian dan Penulisan Sejarah
Alokasi Waktu :
6 x 45 menit ( 2x pertemuan)
Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif
dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan
diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait
dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi
Dasar
3.7 Menganalisis keterkaitan dan menerapkan
langkah-langkah penelitian
Sejarah terhadap berbagai peristiwa
Sejarah
4.7 Melakukan penelitian sejarah secara
sederhana dan menyajikanya dalam
bentuk laporan penelitian
Indikator
1.Menunjukkan
sikap tanggung jawab dalam mengerjakan tugas kelompok
2.
Menunjukkan sikap kerjasama dalam mengerjakan tugas kelompok
3.
Menunjukkan sikap jujur dalam mengumpulkan dan menyajikan data
4.
Menunjukkan sikap santun dalam mengemukakan pendapat dalam diskusi dan
presentasi
5.
Mendeskripsikan tentang data dan fakta
dalam sejarah
6.
Menjelaskan tentang realibilitas, validitas dan kesahihan
6.
Menjelaskan konsep heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi dalam
penelitian sejarah
8.
Membedakan prinsip objektifitas dan
subjektifitas dalam penulisan sejarah
9.
Menemukan topic penelitian dalam penelitian sejarah
10.
Melakukan tahap penelitian dan penulisan sejarah secara sederhana
11.
Mengolah data penelitian sesuai kaidah penelitian sejarah
12.
Menulis hasil penelitian sejarah dalam bentuk laporan penelitian
Tujuan Pembelajaran
Melalui proses
mencari informasi, menanya, dan berdiskusi siswa dapat:
·
Mendeskripsikan tentang data dan fakta dalam sejarah
·
Menjelaskan
tentang realibilitas, validitas dan kesahihan
·
Menjelaskan konsep heuristik,
verifikasi, interpretasi dan historiografi dalam
penelitian
sejarah
·
Menemukan topic
penelitian sejarah
·
Menunjukkan sikap kerjasama dalam
mengerjakan tugas
·
Menunjukkan sikap santun dalam
mengemukakan pendapat dalam diskusi dan
presentasi
Melalui proses
mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan
siswa dapat:
·
Melakukan
penelitian sejarah secara sederhana
·
Mengolah
data penelitian sesuai kaidah penelitian sejarah
·
Menulis
hasil penelitian dalam bentuk laporan penelitian
·
Menunjukkan
perilaku jujur dalam mengumpulkan dan menyajikan data
·
Menunjukan
kerjasama dalam kerja kelompok
·
Menunjukkan
sikap tanggung jawab dalam mengerjakan
tugas kelompok
Materi Pembelajaran
·
Fakta
1.Pelaku sejarah
2.Saksi sejarah
3.Arsip arsip
4. Sumber sejarah
·
Konsep
1. Heuristik
2. Verifikasi
3. Interpretasi
4. Historiografi
·
Prinsip
1. Objektifitas penulisan
sejarah
2. Topik Penelitian
3. Data dan fakta sejarah
4. Realibilitas, validitas dan
sahih
·
Prosedural
1. Tahapan-tahapan Penelitian
Sejarah
2. Pengolahan data
3. Penyajian Hasil Penelitian
Alokasi Waktu
6 x 45 menit)
Pendekatan, Strategi
dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Strategi : Cooperative learning
Metode
: Ceramah, diskusi, tanya jawab dan
penugasan
Pertemuan pertama
(3 x 45 menit)
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
· Merefleksi
hasil kompetensi (KD) sebelumnya tentang sumber sejarah
· Mengkaitkan peran sumber sumber sejarah dengan penelitian dan penulisan
sejarah (KD yang akan datang)
· Menyampaikan
tujuan pembelajaran
· Bertanya
dan menagih secara lisan tugas membaca tentang penelitian sejarah yang sudah
ditugaskan pada pertemuan sebelumnya
· Melaksanakan
pretes sederhana dengan kuis tentang hal hal yang berhubungan dengan
penelitian sejarah
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati
· Siswa
mengamati tayangan video
tentang kegiatan sebuah penelitian
· Siswa menyimak tentang hasil penelitian sejarah
Guru menilai keterampilan siswa
mengamati
Menanya
·
Siswa berdialog secara interaktif dengan guru
tentang topic penelitian, data dan fakta penelitian
·
Siswa berdiskusi tentang peran sumber sejarah
dan kelayakan sumber sejarah (validitas, reliabilitas dan kredibilitas)
·
Siswa berdiskusi tentang langkah langkah
penelitian sejarah
Mencoba/mengeksplorasi
· Siswa
dibagi dalam kelompok kecil, masing-masing terdiri atas 5 sd 6 orang
· Siswa
dalam kelompok diminta untuk mencari topic penelitian
dan sumber sumber sejarahnya dengan
berdasar kelayakan sumber
Guru
menilai sikap siswa dalam kerja kelompok
Mengasosiasi
· siswa
berdiskusi untuk menyimpulkan hubungan antara topic penelitian dengan sumber
sumber yang dibutuhkan berdasar kelayakan sumber
Guru
membimbing/menilai kemampuan siswa mengolah data dan merumuskan kesimpulan
Mengomunikasikan
· Perwakilan
kelompok menyampaikan hasil diskusi melalui presentasi
Guru
menilai kemampuan siswa berkomunikasi lisan dan tulisan
|
105 menit
|
Penutup
·
Bersama siswa
menyimpulkan hasil diskusi
·
Memberi tugas
membaca mencari data tentang sejarah berdirinya sekolah mereka
·
Melaksanakan
postes dalam bentuk kuis
|
15 menit
|
Pertemuan Kedua
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
· Merefleksi
hasil pretes dan postes pertemuan sebelumnya
· Menagih
dan mengingatkan tugas membaca dan mencari data tentang sekolah mereka
· Menyampaikan
tujuan pembelajaran
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati dan Menanya
· Dua
orang siswa dari kelompok berbeda diminta untuk memaparkan hasil tugas
membaca dan mencari data tentang sejarah sekolah mereka
Mencoba
· Siswa
dibagi dalam 5 kelompok dengan 5 - 6 anggota
· Setiap
kelompok diberi topic yang sama yaitu penelitian tentang sekolah mereka
tetapi dengan kurun waktu yang berbeda (5 kurun waktu)
· Tiap
kelompok diberi tugas untuk melakukan penelitian di sekitar sekolah dengan
melalui langkah penelitian sejarah dan
menuliskan hasil penelitiannya dalam bentuk laporan
Guru
menilai sikap siswa dalam kerja kelompok dan kemampuan menerapkan konsep dan
prinsip dalam pemecahan masalah dan keterampilan mencoba dengan melakukan
tahapan tahapan penelitian sejarah
Mengasosiasi
· Siswa
mengkritisi hasil penelitiannya
yaitu hasil kaji pustaka dan wawancara
berdasar kritik intern dan kritik eksteren
· Dengan
fasilitasi guru, siswa menginterpretasi data data yang diperoleh
· Siswa
menuliskan hasil penelitiannya yaitu tentang sejarah sekolah mereka berdasar
kurun waktu yang telah ditetapkan
Guru
menilai keterampilan mengolah dan menalar
Mengomunikasikan
· Perwakilan
kelompok memaparkan hasil penelitiannya dan menyerahkan hasilnya pada guru
Guru
menilai keterampilan berkomunikasi lisan dan tulisan
|
100 menit
|
Penutup
·
Bersama siswa
menyimpulkan sejarah sekolah dari waktu ke waktu berdasar hasil penelitian
·
Melaksanakan
postes
|
15 menit
|
Penilaian
1. Mekanisme dan prosedur
Penilaian dilakukan
dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi pada saat
kerja kelompok(sikap), presentasi hasil
diskusi , dan laporan tertulis hasil penelitian
(produk)
Sedangkan penilaian
hasil dilakukan melalui tes tertulis (pemahaman)
2. Aspek dan Instrumen penilaian
Instrumen untuk
menilai sikap (tanggung jawab, kerjasama, santun dan jujur) menggunakan lembar
pengamatan
Instrumen untuk
menilai produk yaitu presentasi kelompok dan
laporan penelitian menggunakan
rubrik
Instrumen untuk
menilai pemahaman menggunakan tes tertulis uraian dan/atau pilihan ganda
3. Contoh Instrumen (Terlampir)
Sumber/Referensi
·
Buku
Pegangan Kurikulum 2013
·
Buku
sumber Sejarah SMA X
·
Djoened
Poesponegoro, Marwati, dan Nugroho Notosusanto. 2009. Sejarah Nasional
Indonesia II. Jakarta: Balai Pustaka.
·
Mulyana,
Slamet. 1979. Nagara Kretagama dan Tafsir Sejarahnya. Jakarta: Bhratara.
·
Soekmono,
R. 1985. Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia 2. Yogyakarta: Kanisius.
·
Yamin,
Muhammad. 1966. Lukisan Sedjarah. Djakarta: Djambatan.
Jakarta, ..... Agustus 2013
Mengetahui Kepala
SMA .... Guru
Mata Pelajaran Sejarah
.................................. ..................................
NIP. NIP.
Catatan Kepala
Sekolah
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
..............................................................................................................................................................................................................................
Lampiran
a. Lembar Observasi sikap
LEMBAR
PENGAMATAN SIKAP
Mata
Pelajaran : Sejarah
Kelas/Program : X/IPS
Kompetensi : KD 3.7 dan 4.7
No
|
Nama Siswa
|
Observasi
sikap
|
Jml
Skor
|
NilaI
|
|||
Sntun
|
tgjwb
|
Kerjsm
|
Jujur
|
||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan pengisian skor:
(4)Sangat tinggi (3)
Tinggi (2) Cukup tinggi (1)
Kurang
b. Rubrik Penilaian Presentasi
Mata
Pelajaran : Sejarah
Kelas/Program : X/IPS
Kompetensi : KD 3.7 dan 4.7
Rubrik
penilaian presentasi hasil diskusi kelompok
Aspek
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Pengorga-nisasian
|
Peserta tidak bisa memahami
presentasi karena informasi tidak disampaikan secara runtut.
|
Peserta mengalami kesulitan memahami
presentasi karena penyampaian ide melompat-lompat.
|
Informasi disampaikan dengan urutan
logis yang dapat diikuti oleh peserta.
|
Informasi disampaikan dengan urutan
logis dan menarik, sehingga sangat mudah dipahami oleh peserta.
|
Pengetahuan
|
Siswa tidak memahami informasi dan
tidak dapat menjawab pertanyaan tentang hal dipresentasikan.
|
Siswa tidak menguasai informasi dan
hanya mampu menajwab pertanyaan sederhana.
|
Siswa menjawab dengan mudah
pertanyaan tetapi tidak mampu mengulas lebih jauh.
|
Siswa menunjukkan pengetahuan
mendalam dan mampu menjawab pertanyaan dengan ulasan dan penjelasan lebih
lanjut.
|
Tampilan
|
Siswa belum
menggunakan prinsip DKV yang mendukung
presentasinya
|
Siswa menggunakan prinsip DKV tidak pada setiap slide presentasinya.
|
Siswa menggunakan prinsip DKV pada
setiap slide presentasi.
|
Siswa menampilkan presentasi yang didukung prinsip DKV sehingga sangat
jelas
|
Mekanisasi
|
Siswa menampilkan lebih dari tiga
kesalahan ejaan dan kesalahan tatabahasa.
|
Presentasi memuat tiga kesalahan
ejaan dan kesalahan tatabahasa.
|
Presentasi memuat dua kesalahan ejaan
dan kesalahan tatabahasa.
|
Presentasi tidak memuat kesalahan
ejaan dan kesalahan tatabahasa.
|
Kontak Mata
|
Siswa hanya membaca laporan dan
tidak ada kontak mata dengan peserta.
|
Siswa kadang-kadang menggunakan
kontak mata, tetapi masih lebih banyak membaca
slide presentasi
|
Siswa mempertahankan kontak mata,
namum masih sebatas menghafal isi slide
presentasi
|
Siswa mempertahankan kontak mata
dengan peserta dan mengembangkan isi slide presentasi
dengan bahasa yang baik
|
C.
Rubrik Penilaian Laporan Penelitian
Mata
Pelajaran : Sejarah
Kelas/Peminatan : X/Ilmu Sosial
Materi
Pokok : Penelitian
sejarah dan penulisan sejarah
.
Contoh Rubrik Penilaian Tugas kelompok laporan penelitian
Aspek
|
Kriteria dan
Skor
|
|
||
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Persiapan
|
Jika memuat tujuan, topik, alasan,
tempat penelitian, daftar pertanyaan dengan lengkap.
|
Jika memuat tujuan, topik, alasan,
tempat penelitian, daftar pertanyaan kurang lengkap
(lebih 50% krang dr 100%)
|
Jika memuat tujuan, topik, alasan,
tempat penelitian, daftar pertanyaan tidak lengkap.(kurang
dari 50 %)
|
Jika tidak
memuat tujuan, topik, alasan, tempat
penelitian, daftar pertanyaan sangat
tidak lengkap (kurang dari 50 %)
|
Pengumpulan Data
(Heuristik)
|
Jika daftar sumber
sejarah yang dicari semua diperoleh
dan daftar pertanyaaan semua terjawab
|
Jika daftar sumber
sejarah sebagian besar diperoleh dan
daftar pertanyaaan sebagian besar
terjawab
|
Jika daftar sumber
sejarah hanya sebagian kecil yang diperoleh dan daftar pertanyaaan sebagian besar terjawab
|
Jika daftar sumber
sejarah hanya sebagian kecil yang diperoleh dan daftar pertanyaaan hanya sebagian kecil yang terjawab
|
Pengujian
data (kritik)
|
Jika
data yang diperoleh semua diuji secara intern dan ekstern
|
Jika data yang diperoleh sebagian
besar diuji secara intern dan ekstern
|
Jika data yang diperoleh hanya
sebagian kecil yang diuji secara itern dan ekstern
|
Jika data
yang diperoleh langsung dipakai tanpa diuji
|
Penafsiran
data (interpratsi)
|
Jika penafsiran dilakukan terhadap semua data baik yang tersurat dan tersirat
|
Jika penafsiran dilakukan terhadap
sebagian besar data baik yang
tersurat dan tersirat
|
Jika penafsiran dilakukan terhadap
sebagian kecil data yang tersurat dan tersirat
|
Jika penafsiran dilakukan terhadap
sebagian kecil data yang tersurat dan tidak dilakukan terhadap data
yang tersirat
|
Penulisan
laporan
|
Jika sistematika penulisan benar,
memuat simpulan , dan bahasa komunikatif.
|
Jika sistematika penulisan benar,
memuat simpulan , namum bahasa kurang komunikatif.
|
Jika penulisan sistematis, tapi bahasa kurang
komunikatif, dan tidak memuat simpulan
|
Jika penulisan kurang sistematis,
bahasa kurang komunikatif,tidak memuat simpulan .
|
D.
Pertanyaan tertulis untuk menilai pemahaman siswa (Pilihan Ganda dan Uraian)
A.
Contoh Pertanyaan Uraian
1. Jelaskan
dua macam penelitian sejarah (definisi dan metode yang digunakan)
a. penelitian lapangan
b. penelitian dokumenter
2. Jelaskan
tentang pengertian validitas dan reliabilitas sumber sejatah
3. Sebut
dan jelaskan secara urut langkah langkah penelitian sejarah
4. Jelaskan
tentang pengertian kritik /verivikasi
dalam penelitian sejarah :
a.
kritik intern
b. ktitik ekstren
5. Dalam penulisan sejarah (historiografi)
sering tidak dapat dihindari adanya
subjektifitas
dari sang penulis. Sebut dan jelaskan tiga factor penyebab
munculnya
subjektifitas dalam penulisan sejarah
B.
Contoh Pertanyaan Pilihan Ganda
1.
Perhatikan data berikut ini
1. verivikasi
2. heuristik
3. historiografi
4. interpretasi
Dari data di atas, urutan langkah /
tahap penelitian yang benar adalah
a. 1-3-4-2 d. 3-1-4-2
b. 1-4-2-3
e. 4-2-3-1
c. 2-1-4-3
2. Perhatikan data berikut ini
Macam fakta
|
Contoh
|
A.
Mentifact
|
1.
rumah adat
|
B.
Sosiofact
|
2.
upacara adat
|
C.
Artefact
|
3.
hukum adat
|
Dari data diatas, pasangan yang benar
antara fakta dan contohnya adalah :
a. A-1, B-2, C-3 d. A-3. B-1, C-2
b. A-2, B-1. C-3 e. A-3, B-2, C-1
c. A-2, B-3, C-2
3. Dilihat dari macamnya, candi Borobudur
termasuk dalam sumber sejarah …
a. primer d.
asli
b. sekunder e.
sejaman
c. tersier
4. Perhatikan data berikut
ini..............
1. Reliabilitas
2. Akuntabilitas
3. Kredibilitas
4. Validitas
5. Stabilitas
Dari data diatas hal yang harus
diperhatikan oleh ahli sejarah dalam meneliti
sumber
sejarah adalah …
a. 1, 3, 5 d.
2, 3, 5
b. 1, 3, 4 e.
3, 4, 5
c. 2, 3, 4
5. Bila peneliti sejarah melakukan penelitian dokumenter,maka metode yang
dilakukan adalah :...........
a. Metode wawancara d. Metode alamiah
b. Metode komparasi e. Metode konfigurasi
c. Metode chek & rechek
--- @@ ---
No comments:
Post a Comment