Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Nama Sekolah : SMA/MA .............................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas/Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (2 x pertemuan)
A. Standar Kompetensi
1. Mengapresiasi karya seni rupa
B. Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik
dalam karya seni rupa terapan daerah setempat
1.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap
keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat
C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
Menjelaskan
pengertian seni rupa terapan
Menyebutkan
dan menjelaskan keunikan karya seni rupa terapan (ukiran) daerah Madura
Menyebutkan
dan menjelaskan keunikan teknik seni rupa ukiran daerah Madura
Menyebutkan
model/corak ukiran Madura
Menggambar
motif-motif ukiran Madura
Menyebutkan
sikap apresiatif masyarakat Madura terhadap karya seni rupa terapan
|
Menghargai keberagaman,
nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin,
demokratis
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
Kreatif
(Mengemukakan gagasan baru)
Mandiri
(Mampu mencari sumber belajar sendiri)
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa
dapat mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa
terapan daerah setempat
§ Siswa
dapat menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam
karya seni rupa terapan daerah setempat
E. Materi Pembelajaran
Pertemuan
Ke-1 dan 2
1. Karya seni rupa terapan adalah karya seni yang
dirancang untuk tujuan fungsional/kegunaan yakni memenuhi kebutuhan fisik
maupun psikologis
2. Sikap apresiatif merupakan sikap menghargai,
mengagumi, menilai, menikmati dan menghayati hasil karya dalam hal ini seni
ukir Madura.
3. Seni ukir Madura pada umumnya bermotif
daun-daunan, kaku tetapi tampak gagah (megah)
F. Metode Pembelajaran
§ Diskusi kelompok,
tanya jawab, inkuiri, dan penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Mengidentifikasi
keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat
· Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa
terapan daerah setempat
|
§
Keunikan gagasan dan teknik seni rupa
terapan daerah
·
Sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan
dan teknik seni rupa terapan daerah Madura
|
§
Siswa
dapat Diskusi dan tanya
jawab membahas keunikan gagasan dan teknik seni rupa terapan daerah Madura
§
Siswa
dapat Praktik menggambar
motif cakra
·
Siswa
dapat Diskusi tentang
sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik seni rupa terapan
daerah Madura
|
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan
Ke-1 dan 2
Pendahuluan
Apersepsi:
Siswa
diajak mengingat pemahaman tentang karya seni rupa
Motivasi:
Memotivasi
akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam
mengapresiasi karya seni rupa terapan
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Dengan
berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami
keunikan gagasan dan teknik seni rupa terapan daerah
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
· Dengan berdiskusi dan tanya jawab siswa diajak mengapresiasi terhadap
keunikan gagasan teknik seni rupa terapan daerah Madura
· Siswa mengerjakan
tugas latihan soal-soal tentang apresiasi karya seni rupa terapan
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Menghargai
keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur,
disiplin, demokratis.);
· Menjelaskan tentang hal-hal yang
belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Menghargai keberagaman, nasionalis, dan
menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis,);
Penutup
· Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
· Siswa dan guru melakukan refleksi
· Guru memberikan tugas rumah (PR)
H. Alat dan Bahan
1. Alat : alat gambar
2. Sumber belajar :
§ Buku paket
§ Buku lain
yang relevan (LKS)
I. Penilaian
1. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu
2. Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes
tertulis
3. Instrumen/soal:
1. Jelaskan yang disebut karya seni rupa
terapan!
2. Sebutkan keunikan gagasan ukiran daerah
Madura!
3. Sebutkan minimal tiga keunikan teknik seni
rupa terapan daerah Madura!
4. Sebutkan motif-motif ukiran Madura!
5. Bagaimana saran Anda agar ukiran Madura lebih
maju dan berkembang!
Perhitungan
nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai
akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)
Mengetahui, ......
……….................
Kepala Sekolah.......... Guru
Mata Pelajaran
……………………........ ...................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK....................
No comments:
Post a Comment