RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMP Negeri 6 Ketungau Hulu Satu Atap
Mata
Pelajaran : Keterampilan Tata Busana
Kelas
/ Semester : VII/
I
Pertemuan
ke :
7 sd 8
Alokasi
waktu : 4 X 45 menit
1.
Standar Kompetensi :
Mengawasi Mutu Busana
2.
Kompetensi Dasar : Memeriksa Mutu Potong
3.
Indikator
* Hasil potongan diperiksa kerapihannya sesuai
prosedur
* Kemasan potongan bahan diperiksa sesuai jumlah dan
identitas model
*
Hasil pemeriksaan dicatat dan dilaporkan sesuai prosedur kerja.
4. Tujuan
Pembelajaran
* Siswa
mampu memeriksa kerapihan hasil potongan sesuai prosedur
* Siswa
mampu memeriksa kemasan potongan bahan sesuai jumlah dan identitas model
* Siswa
mampu mencatat hasil pemeriksaan dan melaporkan sesuai prosedur kerja.
5.
Materi Ajar
* Teknik
memotong bahan yang benar
* Kemasan
hasil potongan bahan
* Teknik
membuat lapopran hasil pemeriksaan
6.
Metoda Pembelajaran
-
Menggali informasi
-
Diskussi
-
Studi Pustaka
7.
Langkah Pembelajaran
Nilai
Budaya Karakter Bangsa ( Kreatif, kerja keras, kerja sama rasa ingin tahu
percaya diri )
Pertemuan
ke 7 sd 8
NO
|
Tahap
|
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Ket
|
1.
|
Tahap Situsional /Apersepsi
|
Pendahuluan
- Siswa berdoa sebelum belajar
- Menyampaikan salam kepada siswa
- Guru mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang akan
diajarkan
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
|
10 menit
|
|
2.
|
Tahap Explorasi
|
Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan cara memotong bahan rok dan blazer sesuai
prosedur dengan rapi
- Guru mendemonstrasikan cara meletakkan pola rok dan blazer diatas bahan
- Guru mendemontrasikan cara menggunting bahan blazer dan rok
- Guru menjelaskan cara melakukan pengemasan sesuai jumlah dan identitas
model
- Menjelaskan teknik membuat laporan hasil pemeriksaan dan melaporkan hasil
pemeriksaan sesuai prosedur
|
70 menit
|
|
3.
|
Tahap Elaborasi
|
- Siswa mencatat penjelasan guru dan menyimpulkan hasi pelajaran
- Melakukan pengemasan sesuai jumlah dan identitas model
- Membuat laporan hasil pemeriksaan
|
70 menit
|
|
4.
|
Tahap Konfirmasi
|
- Merefleksikan hasil pembelajaran ( mengulang secara garis besar apa yang
sudah dipelajari )
- Memeriksa laporan yang sudah dibuat siswa
|
10 menit
|
|
5.
|
Evaluasi
|
Memberikan soal postes dari materi yang sudah diberikan
1. Sebutkan hal yang perlu diperhatikan sewaktu meletakkan pola di atas
bahan
2. Sebutkan hal yang perlu diperhatikan sewaktu menggunting bahan
3 Sebutkan hal yang perlu diperhatikan sewaktu melakukan pengemasan
4. Sebutkan hal yang perlu diperhatikan dalam membuat catatan dan laporan
|
15 menit
|
|
6.
|
Tugas
|
- Menugaskan siswa membuat laporan hasil pemeriksaan terhadap hasil
potongan bahan yang berikutnya
- Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam
|
5 menit
|
8.
Alat/Bahan/Sumber
Belajar
-
Alat/Bahan :
- Macam-macam alat memotong
bahan
- White
board, Buku catatan
-
Sumber belajar :
- Modul memotong bahan
9.
Penilaian
-
Metode Penilaian :
- Tes lisan
-
Tes tertulis
NO
|
Aspek Kemampuan
|
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
1
|
Siswa mampu memeriksa kerapihan hasil potongan sesuai prosedur
|
|||
2
|
Siswa mampu memeriksa kemasan potongan bahan sesuai jumlah dan
identitas model
|
|||
3
|
Siswa mampu mencatat hasil pemeriksaan dan melaporkan sesuai prosedur
kerja.
|
Psikomotorik ; Skor
maximum 3 dan skor minimum 1 dengan kriteria sbb:
3=
Jawaban benar dan tepat
2=
Jawaban benar kurang lengkap
1=
Jawaban salah
10. Format
Penilaian
NO
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||
Ukuran kemasan
|
Bentuk kemasan
|
Identitas pola
|
||||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
7
|
||||||
8
|
||||||
9
|
||||||
10
|
Sepiluk, Juli 2013
Mengetahui, Guru
Mapel Keterampilan
Kepala SMPN 6 Ketungau Hulu Satu Atap
Akhmad Fathoni alwi,M.Si Berta Sambulung,S.Pd
Nip 197312311999031023
No comments:
Post a Comment